Scholarship in The UK

Kejar peluang studi ke luar negeri dengan LPDP

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah jawaban dari doa puluhan ribu orang Indonesia untuk mendapat kesempatan menempuh pendidikan setara Master’s dan doktoral baik di dalam maupun di luar negeri. Saya, salah satunya.

Beda dengan berbagai skema beasiswa lain yang sangat terbatas dan kompetitif, LPDP memberi lebih banyak peluang untuk meraih beasiswa kepada ribuan orang sekaligus dalam setahun. Sejak diluncurkan tahun 2012, LPDP telah mendanai studi sekitar tujuh ibu mahasiswa dengan target untuk terus meningkatkan angka mahasiswa yang studi ke jenjang lebih tinggi melalui skema beasiswa.

LPDP-lg

Besaran beasiswa cukup bersaing dengan nama-nama beasiswa populer lain seperti Chevening untuk tujuan kuliah di UK – mencakup tiket pp, uang sekolah, uang akomodasi, uang buku, uang bulanan, dan bahkan tunjangan untuk anggota keluarga jika turut serta.

Yang unik, beasiswa tetap dapat diberikan meski yang bersangkutan belum mengantongi tanda lolos sebagai mahasiswa di universitas tujuan (Letter of Acceptance – LoA) sepanjang calon mahasiswa dinilai memenuhi syarat. Untuk lolos, dibanding skema beasiswa lain, proses seleksi LPDP barangkali terkesan agak birokratis. Selain tahap seleksi dokumen dan wawancara yang cukup standar, ada forum diskusi grup yang dipantau oleh psikolog.

Poin tentang leadersip, pemahaman isu dan keluwesan berinteraksi adalah beberapa titik yang ingin digali panel juri dari seorang calon penerima beasiswa LPDP. Karena itu tampil siap dan percaya diri baik dalam sesi wawancara maupun diskusi grup sangat penting.

Yang barang kali sempat sedikit menurunkan semangat adalah adanya sejumlah sekolah yang tak masuk daftar sekolah target LPDP – padahal sebagai peneliti yang fokus pada isu penyakit menular saya bermimpi masuk London School of Hygiene and Tropical Medicine (LSHTM). Untung akhirnya saya menyelesaikan studi Infection and Immunity di University College London yang hanya sepelemparan batu dari LSHTM dengan kualitas tak kalah hebat.

Keuntungan lain dari beasiswa LPDP adalah karena jumlah penerimanya yang besar, relatif sejak masa persapan sebelum kuliah hingga setelah kuliah, selalu ada banyak teman senasib yang terbuka bertukar info dan pengalaman. Pengalaman traumatis menjadi korban pencurian pada hari pertama di rumah kontrakan pun dapat saya lewati karena dukungan sesama teman LPDP.

Tidak ada peluang beroleh beasiswa ke luar negeri yang lebih baik daripada LPDP, dan karenanya ayo daftar segera! Info lengkap unuk beasiswa LPDP dapat dicek di laman ini http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/


Tina Kusumaningrum adalah penerima beasiswa LPDP tahun 2014-2015. Surel dapat ditujukan pada tina.kusumaningrum@gmail.com