Other scholarships Scholarship in The UK

Kompetisi ekstra di beasiswa Gates Cambridge Foundation

Nama saya Sabrina Anjara, peneliti doktoral bidang Kesehatan Masyarakat di University of Cambridge dengan fokus pelayanan kesehatan jiwa di Indonesia. Pada tahun 2014, saya menjadi warga negara Indonesia pertama yang menerima Beasiswa Gates Cambridge, yang membayar seluruh biaya menempuh pendidikan di Cambridge.

Program Beasiswa Gates Cambridge mulai pada tahun 2000 dengan sumbangan USD 210 juta dari Bill & Melinda Gates Foundation kepada University of Cambridge, sumbangan finansial terbesar kepada suatu universitas di Inggris Raya. Beasiswa ini terbuka untuk kebanyakan jurusan pascasarjana di University of Cambridge.

Setiap tahun, ada 95 beasiswa Gates Cambridgeuntuk seluruh mahasiswa di dunia. Jika  kebanyakan beasiswa bergengsi di dunia diberikan berdasarkan kriteria akademik dan kepemimpinan. Maka Beasiswa Gates Cambridge memberi dua kriteria tambahan, yaitu komitmen untuk memperbaiki kualitas hidup orang lain, dan kecocokan secara akademik dengan Cambridge. Dalam angkatan saya ada Hakim termuda di Pengadilan Administrasi Paris, pengusaha bioteknologi yang memenangkan berbagai kejuaraan, direktur sebuah think tank di Jerman, pujangga, musisi, dan atlet.

Saya tidak pernah berpikir akan lolos proses seleksi Beasiswa Gates Cambridge. Wawancaranya cukup mengerikan, walaupun akhirnya sangat menyenangkan. Saya merasa panel wawancara sangat ingin mengenal saya dan sebelumnya sudah mempelajari latar belakang saya dengan seksama.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi https://www.gatescambridge.org

Sabrina Anjara kini tinggal di Cambridge dan dapat dikontak melalui akun Twitternya @sganjara 

0 Comments

Leave a Reply